Jika anda adalah merupakan salah satu ibu rumah tangga yang sering mengolah aya, atau keluarga anda adalah pecinta ayam untuk dijadikan lauk pauk, maka anda perlu tau cara yang benar untuk memilih ayam yang baik dan sehat.

Sekalipun dagung ayam gizinya tinggi, namun kita tetap harus hati-hati dalam memilih dan membeli daging ayam. Apalagi kasus flu burung terkadang masih samar-samar terdengar dan terjadi di sekitar kita. Belum lagi ayam tiren (mati kemarin) yang dijual pedagang ‘nakal’. Salah mengonsumsi daging ayam, dapat membawa dampak kurang baik pada kesehatan. Alih-alih ingin mendapatkan gizi sehat lewat daging ayam, anda malah mendapatkan dampak negative dari daging yang kurang sehat.

Untuk itu  maka lebih aman membeli ayam mentah, dengan bersandar pada ciri ciri daging baik dan sehat.  Baiknya membeli ayam harus memilih yang kulitnya masih tampak segar, lembut, pori kulitnya licin serta kakinya tidak memar. Dari segi dagingnya maka pilihlah daging ayam yang sehat dan bersih pula, kulit nya putih kekuningan merata dibawah kulit, kesat, tidak berair, harus elastis (bila ditekan jari, akan kembali seperti semula) dan memiliki aroma yang khas dan segar tidak berbau darah dan tidak berbau busuk.

Daging Ayam segar biasanya harus dimasak hanya tahan 4-6 jam setelah dipotong, sedangkan ayam segar dingin hanya tahan 24 jam setelah dimasukkan kedalan chiller /lemari es, sedangkan ayam segar beku tahan beberapa hari jika disimpan dalam kondisi yang tepat 24 derajat C di bawah nol, ada juga yang lebih suka ayam broiler karena cenderung lebih gemuk dan harganya juga terjangkau.
Tips untuk anda bagaimana memilih daging ayam yang segar dan sehat.

Cara memilih daging ayam yang segar adalah dengan menggosok kulit ayam, anda bisa menggunakan jari anda. Apabila ada rasa atau penampakan seperti tepung saat digosok maka anda patur curiga, karena ayam itu kemungkinan telah dicuci atau dilumuri bahan kimia. Sisa yang ditinggalkan tersebut merupakan bahan kimia yang tertinggal disaat pencucian yang kurang sempurna.

Untuk mengetahui apakah daging ayam yang dibeli mengandung borak atau tidak, anda bisa melihat dengan cara mengamati apakah ada lalat yang hinggap pada daging ayam tersebut, jika tidak maka anda pantas untuk membelinya.

Seperti hal nya daging, ayam juga mempunyai bau khas, tidak perlu diangkat sampai pada hidung anda tapi cukup angkat agak mendekat maka anda bisa mencium baunya, bila yang dicium bau anyir maka segeralah pindah ketempat penjual ayam ayam yang lain.
Dari segi warna daging, daging ayam yang baik adalah yang berwarna putih kream sedikit kemerahan.

Coba anda tekan daging ayam yang akan anda beli, jika kembali kebentuk semula, kenyal maka daging ayam tersebut bisa anda beli

Dan ingat jangan terpengaruh dengan murahnya harga, karena bagaimana pun kualitas dan keamanan tetap menjadi nomor satu untuk keluarga.

Untuk mendapatkan daging ayam kampong yang higienis, sehat,segar, dengan metode pemotongan sesuai syari’at Islam. Bisa anda dapatkan DISINI.