Ayam bangkok betina istimewa dari thailand ini merupakan beberapa contoh dari banyak ayam babon yang memenuhi standar bagus untuk indukan. Sebagian besar dari penghobi ayam bangkok mengatakan bahwa untuk dapat menghasilkan bibit dengan kualitas bagus harus ditopang dengan indukan betina yang memiliki kualitas bagus pula. Indukkan betina yang bagus akan mewariskan  gen yang bagus pula pada anakannya.

Tips memilih babon yang istimewa.

Penghobi ayam bangkok terutama yang berkutat di bidang breeding tentu harus bisa memilih dan memahami kriteria babon yang bagus untuk indukan itu yang seperti apa. Pada umumnya di kalangan para penghobi, ayam bangkok betina istimewa ini terbagi menjadi dua jenis, yaitu babon unggul dan babon cetak. Babon unggul adalah babon dengan kualitas bagus dan memiliki gen yang dominan pula, sehingga jika disilangkan dengan ayam jago yang kurang bagus tetap akan menghasilkan anakan yang bagus karena gen induknya yang bagus itu cukup kuat untuk diwariskan pada anakannya. Sedangkan babon cetak adalah babon yang bisa mewariskan gen ayam jago pada keturunannya, ciri khas babon cetak jika dijodohkan dengan ayam jago yang bagus akan menghasilkan anakan yang sama dengan bapaknya, begitu pula jika dijodohkan dengan ayam jago yang kurang bagus, anakan yang dihasilkan juga pasti kurang bagus.

  Ilustrasi persilangan babon cetak  

ayam bangkok babon cetak

Dari segi ilmu biologi babon cetak ini memiliki karakter resesif / atau gennya tidak dominan sehingga kecenderungan hanya akan dilewati saja untuk mewariskan gen dari indukan jantan. babon cetak bisa berasal dari galur murni (BK) maupun campuran (F1 maupun F2) atau turunan yang sudah jauh. Gen yang bisa diwariskan oleh babon cetak bisa berupa ciri fisik, ciri khas teknik bertarung atau bisa juga mencetak keduanya sesuai dengan karakter jago yang dikawinkan.


babon ayam bangkok yang bagus

babon ayam bangkok unggul

babon ayam bangkok super

babon ayam bangkok import

babon ayam bangkok yg bagus

babon ayam bangkok berkualitas

babon ayam bangkok yang baik


Kriteria Babon Unggul

Babon unggul dari segi fisik memiliki bentuk badan yang ideal, jika dipegang badannya akan terasa seperti botol, harus memiliki struktur tulang yang bagus, memiliki teknik bertarung yang baik dan punya gen yang bersifat dominan terhadap keturunannya. Dengan memiliki babon kriteria unggul ini pera penghobi tidak harus mencari indukan jantan dengan harga mahal kualitas istimewa, namun cukup dengan ayam jago dengan fisik yang bagus dan teknik tarung yang lumayan sudah bisa menghasilkan keturunan yang bagus. Namun jika memiliki dana berlebih mengawinkan ayam bangkok betina istimewa dengan ayam jantan yang istimewa diharapkan akan menghasilkan keturunan yang lebih baik dari pada ayam jago biasa.