Hallo sobat penggemar ayam aduan, Dua kata yang mungkin identik dan kadang beberapa sobat saya sering memperdebatkan akan hal ini.. Mengapa?? ya karena saya sendiri sering menjumpai teman yang fanatik terhadap katuranggan ayam dan ada pula yang fanatik terhadap teknik pertarungan ayam ditempat artinya menilai kualitas ayam pasca melihat gaya tarung dan gaya gebrak ayam saat dites di laga.

Memilih Ayam Aduan Katuranggan atau Teknik ?


Saya pribadi bukan penganut fanatik dalam menilai ayam aduan dari segi katuranggan dan juga tidak serta merta hanya mengandalkan teknik tarung saja. Mengapa demikian ?? karena saya pribadi pernah memiliki ayam hasil berburu ( maksudnya memilih2 di tempat peternak kemudian saya beli) ada yang memiliki ciri katuranggan yang bagus ada pula yang saya beli karena saya melihat induknya ketika diabar memiliki teknik yang bagus sehingga saya membeli anakannya.



Alhasil ketika melakukan ujicoba (saya dan teman biasa sebut dengan kata aba /latihan sabung) dengan sobat-sobat sesama penggemar ayam aduan sekitar saya menemui 2 dari 3 ayam berkaturanggan bagus tampil dengan maksimal ketika saat tanding, selanjutnya 1 ekor dari ayam berkaturanggan bagus tampil kurang maksimal saat abar. Kemudian 2 ayam yang saya beli dengan memandang teknik indukannya 1 ekor seperti yang saya harapkan yang 1 ekor lagi kurang maksimal juga, dan ini fakta yang saya alami. Saya sendiri tidak bisa menyimpulkan secara langsung terhadap hal ini karena saya tidak mengalaminya secara berulang. Namun demikian saya hanya sedikit menganalisa, hal itu mungkin saja disebabkan oleh kondisi kesiapan fisik dari ayam yang berkaitan.

Salain itu lawan tanding dari ayam saya yang tampil kurang maksimal tadi memiliki teknik bertarung yang bagus, juga jam terbang yang lebih, sehingga posisinya bisa unggul dari ayam saya. Nah mungkin lebih baik sebelum mencoba ayam dalam bertanding kita coba cermati dulu bagaimana kondisi ayam dengan cara diumbar beberapa saat. Penjemuran ayam yang cukup pada pagi hari akan memberikan efek yang bagus baik terutama pada fisik ayam, karena kandungan vitamin D dari sinar matahari pagi mampu memperkuat tulang ayam. Setelah itu ayam dibiarkan lepas pada kandang umbaran yang lumayan teduh dengan kondisi tanah berpasir sehingga cakar ayam bisa berlatih dengan mencakar-cakar pasir tersebut. Pemberian pakan dan nutrisi ayam juga akan sangat berpengaruh terhadap pertumbuhan fisik dan stamina ayam. Kondisi ayam yang prima akan memberikan efek tampil tanding yang bagus.

Dari hal yang saya alami saya lebih cenderung mengkombinasikan antara pemilihan katuranggan ayam yang bagus dengan kombinasi teknik tarung yang bagus, dan tentunya keduanya harus diimbangi dengan perawatan yang maksimal untuk memberikan hasil yang maksimal juga pada performa ayam aduan saat bertanding. Walau bagaimanapun bagi saya ciri katuranggan ayam yang bagus tetap menjadi daya tarik tersendiri dalam memilih ayam aduan, karena ciri khasnya yang tidak selalu dimiliki oleh ayam aduan yang lain. Sehingga secara pribadi saya akan lebih mantap ketika memilih ayam yang memiliki teknik bertarung yang bagus dengan ciri katuranggan yang bagus juga, jika disuruh memilih salah satu dari keduanya mungkin akan tetap sulit bagi saya untuk menentukannya.. Bagaimana dengan sobat penghobi yang lain???  Bravo...