Beberapa peternak bebek menggunakan azolla microphylla sebagai alternatif pakan bebek yang sangat baik atau ransum yang memiliki protein yang tergolong tinggi sehingga dapat menghemat biaya pakan untuk bebek/ itik

Pakan bebek / itik petelur yang baik adalah ransum yang memenuhi kebutuhan gizi pada pertumbuhan dan perkembangan bebek / itik dalam memproduksi petelur. Pada dasarnya pakan yang diberikan pada sama saja dengan pakan yang diberikan untuk pakan bebek pedaging, hanya saja kandungan mineral pada pakan dilebihkan jumlahnya, sebab kebutuhan mineral pada bebek petelur jauh lebih tinggi bila dibandingkan dengan bebek pedaging. Pada bebek pedaging kandungan yang dilebihkan adalah protein, sebab pembentuk daging yang utama adalah protein. Mineral sangat dibutuhkan dalam pembentukan cangkang telur, oleh karena itu bila itik mengalami kekurangan mineral bisa menyebabkan turunya produksi telur bahkan terkena penyakit berak kapur.


Adapun sumber-sumber mineral yang dapat diberikan untuk bebek / itik petelur sebagai bahan makanan pada ransum yang baik diantaranya: